Labels

Saturday, September 23, 2017

(Ngopi Cantik #2 Beautiesquad) Belajar SEO Bareng Founder Blogger Perempuan

Assalamualaikum, hello para blogger.. Di postingan kali ini termasuk yang paling special karena aku akan memberikan info, ilmu dan tips seputar dunia blogging yang aku dapat setelah mengikuti kelas online bersama Beautiesquad yang mengundang narasumber ternama dari komunitas besar Blogger Perempuan yaitu mbak Shintaries Nijerinda.


Ini kedua kalinya aku mengikuti kelas online (Ngopi Cantik) dengan Beautiesquad, yaitu komunitas yang menjadi tempat berkumpulnya para beauty blogger di Indonesia. Asiknya lagi, komunitas ini gak hanya memberikan info seputar kecantikan namun juga saling berbagi ilmu seputar dunia perbloggeran yang mana kali ini mereka mengangkat tema SEO.

APA ITU SEO?
Merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, yang artinya Optimasi Mesin Pencari. Bagi blogger profesional tentu menginginkan postingan blognya bisa muncul di halaman 1 google, karena memang akan berpengaruh besar untuk mendapatkan pembaca yang setia, meningkatkan pageview, bahkan untuk mendapatkan konversi penjualan. 

Nah, penting bagi seorang blogger untuk terlebih dulu memahami ilmu SEO sehingga kita bisa mengoptimasikan postingan blog kita agar dapat ditemukan di mesin pencari. Hal ini dikarenakan blog memiliki perbedaan dengan konten di web lainnya, yang mana blog harus diterbitkan dulu kontennya, lalu kemudian dioptimasikan. 

Sejujurnya memang sih bahasan SEO ini agak ribet bagi blogger pemula seperti aku ini, namun seringkali bertebaran info lomba blog dengan hadiah fantastis namun tentu saja mereka memilih pemenang berdasarkan ilmu SEO yang dimiliki oleh blogger. So, enggak cuma asal nulis doank tapi mesti pakai ilmu, hheee...


Tips Agar Blog Terindeks Google 
  1. OTORITAS BLOG
Disebut juga kepemilikan blog. Google akan lebih memprioritaskan blog dengan akun yang tidak anonim dan memiliki identitas yang jelas. Sehingga kita mesti mengisi data terlebih dulu di https://aboutme.google.com
Otoritas blog juga sering diartikan dengan DA (Domain Authorithy). Semakin besar nilai DA maka akan semakin sering pula selalu terindeks di Google. DA ini bisa menjadi hal yang paling penting untuk mengetahui seberapa mahalnya blog kita, karena tentu saja untuk mendapatkan nilai DA yang tinggi membutuhkan ilmu, trik, dan kiat-kiat khusus dalam jangka waktu yang tentu tidak singkat.

       2. KONTEN


Isi konten blog tentu saja harus berkualitas, tidak copy paste, natural, dan buatan sendiri. Yang paling baik dan paling disukai oleh Google adalah rutin update. Sehingga kita harus lebih sering update tulisan blog ya kakak-kakak, hhhee... Bahkan kalau bisa sih update setiap hari karena itu akan sangat baik.

Dalam hal ini ini, konten termasuk dari segi video maupun gambar. Karena pada saat ada yang mencari dengan kata kunci tertentu, maka konten video maupun gambar akan keluar. Sehingga pastikan kita mengoptimasi video dan gambarnya juga yah.

       3. TEMPLATE YANG FAST LOADING

Template memegang peranan penting dalam SEO. Template yang dikenal dengan SEO FRIENDLY ini berperan cukup besar. Maka tidak heran bila ada yang menjual template dengan harga yang mahal, bahkan ada yang serius di bisnis ini, wooww, sungguh info ini aku juga baru tahu sih, hihii

Loading yang dibutuhkan oleh google adalah sepersekian detik untuk bisa muncul di halaman pertama. Nah, ukuran secepat itu hanya bisa dideteksi apabila templatenya tidak terlalu banyak script, orname, musik, maupun gambar yang berukuran besar. Namun bila kita tidak memiliki template yang SEO friendly, masih bisa diakali dengan cara menggunakan template yang seminimalis mungkin. Penting bagi blogger untuk menghindari penggunaan script slider apabila ukurannya tidak kecil, dan resize ukuran gambar sebelum diupload. Usahakan maksimal lebar 600 pixel dan berat 300 kb.

       4. MOBILE SITE

Untuk responsive atau mobile site ini sudah sangat TIDAK bisa ditawar, hal ini dikarenakan 90% akses website, blog, bahkan aplikasi sepenuhnya sudah melalui mobile. Sehingga apabila blog tidak bisa dibaca secara mobile, maka kecil kemungkinan blog kita akan memiliki pageview yang besar.

      5. BACKLINK

Backlink ini bisa juga disebut poin yang paling banyak menentukan posisi dan prestasi pada blog kita, dikarenakan banyak yang meyakini bahwa posisi di search engine ditentukan oleh banyaknya backlink yang dimiliki oleh blog. Itulah mengapa blog dengan posisi bagus di search engine akan memiliki nilai DA yang tinggi. Bisa dikatakan, inti dari SEO adalah backlink.




Nah, itu tadi ilmu yang aku dapat dari ngopi cantik episode kedua bareng Beautiesquad yang mengundang narasumber seorang blogger profesional yaitu mbak Shintaries Nijerinda yang merupakan founder komunitas Blogger Perempuan. Meski bahasannya agak ribet namun tentu saja penting bagi seorang blogger untuk memiliki modal dalam memperbanyak ilmu seputar blogging, jadi gak cuma asal nulis, karena bisa berimbas ke popularitas dan eksistensi kita sebagai seorang blogger. Semoga di episode ngopi cantik berikutnya tema yang dibahas akan lebih bermanfaat dan seru sehingga akan lebih banyak lagi deh ilmu yang akan kita dapat, yeayy..

Terimakasih sudah mampir di blog aku.

Temui aku di :
Instagram : elvinautami
Youtube : elvina utami
Fanspage : Muda Berbakat by MEn'U
Email : Lveenha@yahoo.com


Wassalamualaikum ^_^


No comments:

PesonaCleopatra