Labels

Monday, October 10, 2016

SENANGNYA BELANJA DI SHOPEE (REVIEW SHOPEE)

Assalamualaikum, aloha semuanya...

Mumpung masih di suasana awal bulan nih, aku mau rekomendasikan tempat belanja online via aplikasi yang bisa temen-temen download lewat smartphone. Sebelumnya aku mau kasih tau kalau review ini murni karena aku puas banget setelah belanja online disana yang ngasih gratis ongkos kirim, menggunakan sistem rekening bersama (jadi dananya gak masuk duluan ke penjual sehingga minimnya resiko penipuan dan uang hilang), gampang nyari produk yang aku mau tentunya dengan harga yang masuk akal dan berkualitas bagus. Mungkin sudah ada temen-temen yang bisa menebak aplikasi belanja online apa yang aku maksud, youpss dialah SHOPEE.

Awal mulanya sih aku iseng aja download karena ada salah satu online shop langganan aku yang update status bahwa dia baru bikin akun jualan disana dan bisa kasih gratis ongkos kirim, wuhuuu gue langsung tertarik donk, secara ongkos kirim dari jabodetabek ke alamat aku tuh paling murah Rp. 21.000,- via ekspedisi ternama JNE, nah kalau gretongan kan lumayan bisa nabung buat beli gincu, wkwkk. 

Oh ya sebelumnya Shopee ini hanya tersedia di aplikasi smartphone dengan koneksinya yang terkadang error, bikin kesel sih lagi enak-enaknya mantengin produk-produk eh malah mesti buka ulang, tapi udah beberapa bulan belakangan ini Shopee juga bisa diakses melalui komputer & laptop yang tentunya mempunyai akses ke internet yah, dan mereka terus memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada, karena pas awal-awalnya muncul di website masih belum sempurna gitu tampilannya dan alamat websitenya pun beda kurang lebih yang ini https://mall.shopee.co.id/ apa ini ya https://shopee.mall.co.id/ lupa deh pokoknya ada kata mall'nya, namun sekarang sudah berubah lagi ke https://shopee.co.id/. dan secara keseluruhan sih di website'nya gak bisa ngecek semuanya, jadi yah paling hanya bisa cari produk-produk dengan koneksi yang lebih cepat, lalu bisa belanja deh, selanjutnya tinggal akses lewat aplikasi dari smartphone misalnya kalau mau konfirmasi pembayaran. Biar lebih informatif, simak terus ya review selengkapnya!



BERKENALAN DENGAN SHOPEE


Untuk temen-temen pengguna smartphone android, bisa mendownload
aplikasi Shopee di Play Store.




Tertera pilihan untuk login bagi yang sudah punya akun,
atau bisa register untuk temen-temen yang baru berkenalan
dengan Shopee, ikuti petunjuknya.



Jika ingin login, bisa dengan cara input email dan kata sandi,
 bila lupa maka tersedia pilihan yaitu bisa masuk dengan Facebook
atau verifikasi kode yang dikirimkan melalui sms.



Aplikasi Shopee ini bila dilihat dari ukuran memang tidak
sebesar Instagram jadi masih bisa hemat memori hp.









Nah ini akun aku di Shopee, meskipun aku cuma pakai buat belanja aja tapi sih ya lumayan ada yang ngefollow, hihihi





Ini produk belanjaan yang pertama aku beli sekitar bulan puasa 2016 kemarin, 
awalnya sih kebanyakan total belanja dibawah Rp. 50.000,- 
swear enak banget deh jadi aku cuma bayar harga jual produk, kemudian transfer 
lalu tinggal nunggu barang dateng tanpa perlu bayar ongkos kirimnya, hihihii




Di kolom belanjaanku bagian selesai, tertera daftar produk yang sudah aku terima.
Coba perhatiin deh, untuk produk tapioca pearl itu beratnya 2kg 
dengan harga produk yang cukup murah, 
kalau beli di luar Shopee mana mau aku bayar ongkos kirim yang lebih mahal dari produknya,
untuk ongkirnya saja hampir mencapai Rp. 60.000,- karena menggunakan ekspedisi JNE dengan tarif REGULER dan itu ditanggung dari pihak Shopee, duhh senengnyaaa...

Oh ya untuk mendapatkan gratis ongkos kirim, kalau peraturan dulunya sih pas masih bulan puasa,
kita bisa belanja minimal Rp. 30.000,- dan bisa dapat gratis ongkir mencapai Rp. 80.000,- sisanya bisa kamu tanggung sendiri misal total ongkir mencapai Rp. 100.000,- saat belanja di 1 olshop pada waktu yang bersamaan,
namun bila kurang dari batas minimal misal belanja Rp. 29.000,- berarti kita mesti beli 2pcs produk yang sama atau bisa beli produk lainnya di penjual yang sama, kadang juga ada penjual yang memang memberi peraturan untuk beli minimal 2pcs, sehingga dia sengaja input harga dibawah Rp. 30.000,-

Sedangkan untuk peraturan yang terakhir aku order bulan September kemarin minimal belanjanya mesti Rp. 70.000,- dan dapat gratis ongkir mencapai Rp. 50.000,
namun untuk bulan Oktober ini berubah lagi yaitu mendapat gratis ongkir maksimal Rp. 30.000,- untuk belanja minimal Rp. 70.000,-.
Peraturan minimal belanja ini masih jauh lebih murah sih
dibanding aplikasi belanja online lainnya yang mengharuskan belanja
minimal ratusan ribu untuk mendapat gratis ongkir sekitar Rp. 30.000-






Di kolom belanjaanku juga tertera bagian 'batal' yang berisi daftar produk 
yang belum sempat di transfer tapi sudah dibatalkan, 
biasanya aku kalau masih bingung sama pilihan warna atau pas nulis 
di kolom tinggalkan pesan masih ada yang kurang atau salah input alamat, dll jadi aku batalkan dulu, 
setelah itu baru deh belanja ulang.



 Selanjutnya masuk ke kolom notifikasi yang berisi pemberitahuan, 
mulai dari info-info terbaru dari Shopee misalnya kalau lagi ada promo,
bahkan kita juga dikasih tahu bila ada kontak nomor temen-temen di hp kita
yang juga sudah daftar di aplikasi Shopee, dan tentu saja
di kolom ini bagian bawahnya tertera update pesanan setelah kita berbelanja.







Setelah kita berbelanja dan selesai mengirimkan bukti transfer, maka selanjutnya
pihak Shopee akan mengirimkan pemberitahuan ke penjual dan ini bisa 
berlangsung dalam hitungan jam, paling lama sih 24 jam, tapi lebih sering cepatnya sih
terutama bila konfirmasi pembayaran di pagi hari,
lalu tinggal duduk manis nunggu penjual kirim barang, nah si penjual
konfirmasi lagi ke pihak Shopee dengan memasukkan nomor resi dan bisa 1-3 hari info
itu masuk (update) di notifikasi kita sebagai pembeli,
makanya terkadang barang sudah kita terima namun di aplikasi 
masih tertera paketnya sedang diproses penjual.









Di kolom akun saya berisi pengaturan akun dan sebagainya untuk kita atur dan mengecek data yang sudah tersimpan di aplikasi Shopee.







Nah ini yang aku sebut di awal tadi, pas lagi asiknya mantengin produk 
atau terlalu banyak scroll ke bawah eh layarnya berwarna putih
dan gak bisa diutak atik sehingga muncul notifikasi dan kita harus buka ulang aplikasinya.




CARA BERBELANJA

Selanjutnya aku mau kasih tahu bagaimana caranya kita berbelanja melalui aplikasi Shopee,
jadi kita tinggal ketik di bagian pencarian nama toko maupun nama produk yang ingin kita cari.

Disini tertera info dari penjual. Cover foto yang dipasang penjual bisa lebih lebih dari 5
(difoto atas contohnya yang bacaan Clearance Sale itu)
jadi disitu bisa tertera info-info penting dalam bentuk foto, sehingga lebih memudahkan pembeli
untuk mengetahui tentang toko penjual.




Ada beberapa kolom yang memudahkan kita untuk mengecek produk mana yang baru dijual
dan mana yang banyak diborong pembeli, di kolom harga juga bisa memudahkan kita
untuk mencari produk berdasarkan harga murah (dibawah Rp. 50.000 atau Rp. 100.000,-)
maupun produk yang harganya lebih mahal, apalagi bila produk yang diupload penjual
terlalu banyak sehingga kolom harga ini bisa ngebantu banget biar pencarian lebih cepat.


Sebagai contoh disini aku mau membeli produk Laneige Multi Cleanser,
emang udah dari sebelumnya aku nyari produk baru untuk cuci muka dan kepincut sama Laneige
yang mana hasilnya bagus banget apalagi buat yang usianya sudah tidak remaja lagi kayak aku, hehee..


Dari yang sudah aku cari dimana-mana, di akun Shopee inilah aku menemukan harga murah tapi original, jadi dari info penjual dia ngasih harga Laneige Multi Cleanser yang cukup murah karena masa pakai produk yang tinggal beberapa bulan lagi.



Tips sebelum membeli, kalian harus cek dulu rating produk yang diberikan oleh pembeli,
dan rating ini tertera di bagian komentar, namun terkadang pas lagi buka rincian produk,
kolom komentarnya tertera kosong (belum ada komentar) padahal
aslinya yang komen udah banyak, jadi ya ini karena aplikasi Shopee'nya yang kadang error.




Ini aku sudah klik 'beli sekarang' setelah itu akan muncul perintah-perintah berikutnya sampai 
proses belanja selesai.
Di bagian atas kita juga bisa tentuin mau beli berapa pcs 
nanti akan kehitung otomatis jumlah harganya, 
jika sudah yakin tinggal klik tombol 'checkout'.


Di bagian ini kita bisa input alamat, disini bisa input beberapa alamat sekaligus, 
misal mau dropship jadi kita tinggal centang alamat penerima barang dan di kolom 'silahkan tinggalkan pesan'
kita bisa kita kasih tahu penjual untuk
menyantumkan nama kita sebagai pengirim.

Difoto atas aku input 2 alamat, namun yang alamat dibawah itu karena ada temen sosmed aku 
yang minta bantu untuk order diapers, jadi gampang deh aku tinggal input
alamat dia, dia tinggal transfer dan kirim bukti fotonya ke aku lalu aku yang konfirmasi
melalui akun aku di Shopee.


Setelah selesai input alamat, otomatis muncul kolom pengiriman.
Disini tertera info pengiriman, jadi enaknya tuh di Shopee meskipun gratis ongkir
tapi gak tanggung-tanggung langsung dikasih tarif Reguler via JNE yang mana tarifnya lebih mahal
dan proses penerimaan barang lebih cepat. 
Biasanya sih kalau aku order sama penjual
yang berada di JABODETABEK terutama Jakarta, hari ini dia kirim eh besoknya produk sudah
bisa aku terima, yeayyy...

Oh ya di kolom 'silahkan tinggalkan pesan' kalian bisa tulis
info apa aja yang ingin dikasih tahu ke pembeli soal belanjaan kita,
misalnya ''sis aku mau warna ini, kalau gak ada ganti ini, yang penting warnanya soft pastel ya sis, bla bla bla''. Tulis aja selengkap yang kita mau asal mudah dipahami oleh penjual,
nah bila kita ternyata lupa nulis di kolom ini bisa langsung kirim chat ke penjual,
namun terkadang ada penjual yang lebih nyaman kalau pembeli sudah menyertakan di kolom 'silakan tinggalkan pesan' jadi gak perlu buka chat.


Di kolom pembayaran kita bisa pilih mau transfer menggunakan kartu kredit
atau transfer bank, disini sudah otomatis muncul BRI karena
sebelumnya aku mentransfer orderan melalui rekening BRI, namun ini bisa diganti
ke akun bank lainnya.



Total belanja produk aku Rp. 85.000, namun pihak Shopee
hanya memberikan aku total transfer 84.247 (lumayan jadi hemat dikit, hihii), 
hal ini berguna untuk memudahkan
pengecekan sehingga saat kita sudah transfer dengan nominal yang sama, 
pihak Shopee lebih cepat untuk mengkonfirmasi.



Disini pihak Shopee memberi rentang waktu berapa lama kita untuk transfer (sekitar 3hari)
jadi waktu ini cukup bikin kita nyaman, gak berasa dikejar-kejar mesti transfer di hari yang sama atau bahkan di waktu itu juga, wkwkk..
Namun perlu diingat lagi saat kita gak mau buru-buru transfer
pastikan kita sudah tau berapa stok produk yang masih dimiliki penjual
biar setelah kita sudah transfer, orderan kita gak ditolak penjual dikarenakan sudah habis
diborong pembeli lain. Biasanya juga sih kalau lagi ada promo besar-besaran dan total produk gak banyak banget, maka ada penjual yang sudah menetapkan untuk 1 pembeli 
hanya boleh membeli 1pcs produk biar
pembeli lain juga kebagian, hhee, biasanya sih produk makeup gitu.



Setelah selesai input pesanan, kita bisa cek kolom belanjaanku bagian 'belum bayar'.



Disini bila kita ngerasa ada yang salah atau ada yang kurang kita bisa batalkan pesanannya terlebih dahulu, setelah itu baru deh input ulang pesanannya.



METODE PEMBAYARAN



Jika sudah mengklik 'info rek bank' nanti tertera informasi nomor rekening Shopee,
selesai transfer, klik 'upload bukti transfer sekarang'






Upload bukti transfer dan isi keterangannya.



Setelah transfer kita tinggal tunggu konfirmasi dari Shopee, dan sekitar 1 jam kemudian
aku sudah mendapat notif konfirmasinya, cepat banget kan.





Bila pesanan kita sudah masuk ke notif bagian 'sedang dikirim' dan muncul
kotak konfirmasi 'pesanan diterima, berarti si penjual sudah input
nomor resi yang didapat dari ekspedisi JNE.

Oh ya dulu aku pernah baca info
dari salah satu penjual yang nulis kalau kita sebagai pembeli gak boleh klik pesanan diterima
bila orderannya belum benar-benar diterima, karena nantinya
pihak Shopee tidak akan menanggung ongkos kirim,
jadi ya sebagai pembeli harus ikuti aturan yang ada.


Disini kita bisa melihat nomor resi dari penjual,
namun memang cukup lama muncul notifnya, jadi
keburu paket sudah diterima.



Setelah paket sampai, aku klik 'pesanan diterima' dan saatnya
untuk segera konfirmasi dan beri penilaian ke penjual.



Rating produk dan penilaian yang sudah aku berikan ke penjual.

Sampai disini kita sudah selesai konfirmasi,
jadi penjual tinggal menerima dana dari Shopee.


KESIMPULAN

Selama belanja di Shopee sih alhamdulillah banget gak ada kendala, packingnya selalu aman, barangnya juga bagus-bagus, cepat sampai, dan gak ada penjual yang 'nagih' ongkos kirim, hehehe..
Soal gratis ongkos kirim ini ngebantu aku banget  bahkan keuntungannya sekitar Rp. 200.000,- asik banget kan dari pada keluar uang segitu buat bayar ongkos kirim mending ditabung deh. Dari hasil kepoin harga-harga, aku sering nemuin banyak online shop yang tinggal di Jawa Tengah terutama Solo menjual aneka macam fashion (baju, rok, dsb) dengan harga lebih murah, makanya dari yang aku lihat-lihat nih gak sedikit para Dropshipper dari berbagai daerah se-Indonesia yang bekerjasama dengan Supplier yang berasal dari Jawa Tengah. Namun sayangnya untuk ongkos kirim dari sana ke tempat aku tuh lebih mahal, hikkzzz sekitar Rp. 40.000,- sampai Rp. 60.000,- jadi dengan aku belanja di Shopee ini jelas bikin aku gak pernah melewatkan untuk kepoin para olshop yang berasal dari Jawa Tengah, hheee.. Namun ya memang sih kalau soal aplikasinya yang loading lambat itu bener-bener bikin kesel -.-

Meskipun sebagai pembeli merasa untung banget, namun tidak begitu dengan penjual, karena aku pernah baca curhat beberapa penjual di Shopee yang merasa dirugikan, katanya sih ada yang ongkos kirimnya tidak ditanggung oleh pihak Shopee jadi biasanya penjual mesti nagih ke pembeli, untuk keluhan lainnya sih mungkin soal menurunnya ongkos kirim yang ditanggung Shopee, banyak yang minta untuk tetap menggunakan ketentuan lama yang mana cukup belanja minimal Rp. 30.000 bisa mendapat gratis ongkos kirim maksimal Rp. 80.000,-. Saking banyaknya yang komplain maka pada hari kemarin, 10 Oktober 2016, Shopee menuruti keinginan pelanggannya yaitu memberikan gratis ongkir dengan minimal belanja Rp. 30.000,- tapi ya hanya berlaku selama jam 10 pagi hingga 12 dan lanjut sore harinya jam 5 sampai 6.

Buat temen-temen yang jualan di Shopee boleh juga kok kasih tahu ke aku soal suka dukanya berjualan disana, hehehe..

RATING : 9/10

Berikut aku sertakan juga beberapa komplain dari pengguna Shopee.



 Ini sepertinya ada typo ya dari penulis, seharunsya 'baik' bukan 'bauk'
wkwkwkk






Nah itu tadi review dan cerita aku soal pengalaman berbelanja online di Shopee, jadi tipsnya sih buat pembeli harus pinter nyari penjual yang terpercaya, tanggung jawab, minimal nih ya sebelum beli kita mesti cek dulu komentar yang ada di foto produk, dan jangan lupa untuk ikuti aturan, biar kita sama-sama untung serta gak ngerepotin bahkan ngerugiin penjual. Setelah mengetahui plus minusnya aplikasi Shopee apakah temen-temen berminat untuk langganan belanja disana? hhee,, ditunggu komentarnya.

Terimakasih sudah mampir di blog aku.

Temui aku di :
Instagram : elvinautami
Line : elvinachan
Youtube : elvina utami
Fanspage : Muda Berbakat by MEn'U

Wassalamualaikum ^_^


No comments:

PesonaCleopatra