Labels

Monday, August 7, 2017

Resep Simpel dan Enak : Tongkol Masak Bumbu Bali

Assalamualaikum, hello foodies... Kembali lagi hari ini mumpung aku lagi semangat update postingan resep jadi akan aku bagikan resep andalan yang biasa aku sajikan untuk hidangan istimewa bersama suami, heeehe... 



Setelah sebelumnya aku bagikan resep Opor Ayam, kali ini aku ingin memberikan ide masakan dari olahan ikan yaitu tongkol. Sewaktu aku masih kecil aku sudah suka dengan lauk yang dimasak dari ikan tongkol karena menurut aku sih tekstur dagingnya rada mirip kayak daging sapi, bahkan ada juga cara mengolah ikan tongkol menjadi seperti rendang, hahaa.. Etapi tergantung dari kualitasnya sih kalau sudah agak lembek ya tetep berasa kurang enak gitu rasanya, jadi yang penting kita mesti pilih ikan tongkol yang masih segar dan tekstur dagingnya gak lembek. Sekarang langsung saja ya kita cek bahan dan proses pembuatannya ^_^

BAHAN-BAHAN

  • -+ 1kg ikan tongkol
  • 1/2 gula merah
  • 1/2sdm garam atau secukupnya
  • Air -+ 250ml

Blender bumbu ini :


  • 5 bawang merah dan putih
  • Cabe merah dan cabe kecil/rawit sesuai selera
  • Jahe agak banyak -+ seukuran jari kelingking
  • 3 butir kemiri
  • 1sdm lada/sahang yang sudah disangrai lalu dihaluskan
  • 1/2 - 1 buah tomat
  • Minyak goreng secukupnya
*Bumbu bisa juga ditumbuk karena rasanya tetap enak hanya saja tekstur bumbu jadi kurang halus

PROSES PEMBUATAN

  1. Tumis semua bumbu yang sudah diblender, bila tidak menggunakan lada halus blenderlah lebih lama (blender bumbu bisa menggunakan minyak goreng). 
  2. Aduk dan diamkan beberapa saat hingga bumbu agak kering/menyusut.
  3. Tuang air, beri gula merah dan garam.
  4. Masukkan ikan tongkol, lalu tutup wajan agar ikan cepat matang.
  5. Masak hingga matangnya merata.



Tongkol masak bumbu bali siap dinikmati, nyaammm ^_^




Nah simpel banget kan proses pembuatannya, dari segi bahan juga mudah ditemui, gak perlu ribet deh muter pasar sana sini, hhee.. Selain ikan tongkol, dari resep yang sama juga bisa menggunakan ayam, hasilnya seperti ini.




Selamat mencoba dan semoga bisa jadi menu favorit sekeluarga.


Terimakasih sudah mampir di blog aku.

Temui aku di :
Instagram : elvinautami
Youtube : elvina utami
Fanspage : Muda Berbakat by MEn'U
Email : Lveenha@yahoo.com



Wassalamualaikum ^_^


No comments:

PesonaCleopatra